6 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan NIK

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan NIK

6 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan NIK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau yang sering dikenal dengan istilah BPJS Kesehatan adalah salah satu upaya pemerintah Indonesia di dalam memastikan akses kesehatan masyarakat secara merata. Untuk memastikan hal tersebut, Anda harus mengecek tagihan BPJS Kesehatan secara rutin.

Fungsi dari BPJS Kesehatan secara umum sudah diatur  didalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2001 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Dengan hadirnya BPJS Kesehatan saat ini, maka akan memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa merasakan manfaat kesehatan dengan lebih mudah.

Di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cek tagihan bpjs kesehatan dengan NIK dan beberapa hal penting lainnya. Bagi Anda yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan NIK

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan NIK

Sebagai berikut adalah cara cek tagihan BPJS kesehatan dengan NIK yang harus Anda ketahui :

1. SMS

BPJS Kesehatan sudah menyediakan layanan SMS Gateway untuk mempermudah para peserta untuk mendapatkan informasi tagihan melalui pesan singkat. Caranya sangat mudah, karena cukup mengetikkan NIK (spasi) NIK dan kirim ke nomor 087775500400.

2. Aplikasi Mobile JKN

Anda  juga bisa mengecek tagihan. BPJS Kesehatan melalui NIK dengan cara mengunduh aplikasi mobile JKN di Google Play Store maupun App Store. Caranya juga cukup mudah, karena Anda hanya tinggal membuka aplikasi dan login. Berikutnya, pilih menu peserta dan pilih jenis kartu yang digunakan untuk melakukan pengecekan.

3. WhatsApp

Selain SMS Gateway dan Aplikasi Mobile JKN, Anda juga bisa menggunakan layanan pelayanan administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di aplikasi WhatsApp. Sebelumnya, para peserta harus mencari tahu terlebih dahulu nomor PANDAWA kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

4. Call Center

Peserta juga bisa menghubungi call center BPJS Kesehatan untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. Anda juga bisa langsung menghubungi call center 24 jam BPJS Kesehatan di nomor 165.

5. Kantor Cabang Terdekat

Jika ingin mengecek tagihan BPJS Kesehatan secara offline, Anda juga bisa langsung mendatangi kantor cabang terdekat.

6. Media Sosial

Terakhir, Anda bisa mengecek tagihan BPJS Kesehatan dengan menggunakan akun resmi atau media sosial perusahaan.

Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan NIK

Anda yang rutin melakukan cek tagihan BPJS, maka bisa merasakan betapa mudahnya akses layanan bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik. Selain itu, BPJS Kesehatan juga memberikan banyak keuntungan.

Sebagai peserta yang rutin untuk mengecek tagihan BPJS dan melakukan pembayaran secara tepat waktu, maka penting sekali untuk memaksimalkan keuntungan yang ada. Sesuai dengan fungsinya, keuntungan yang ditawarkan meliputi jaminan kesehatan yang diterima oleh para peserta. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa keuntungan menggunakan BPJS Kesehatan.

1. Pelayanan medis

Sebagai peserta yang rutin mengecek tagihan BPJS dan melakukan pembayaran tepat waktu, maka keuntungan pertama yang bisa dirasakan sebagai peserta BPJS Kesehatan adalah pelayanan medis secara menyeluruh dan efisien. Bahkan, untuk para peserta yang rutin mengecek tagihan BPJS dan melakukan pembayaran tepat waktu berhak mendapatkan pelayanan medis secara menyeluruh mulai dari konsultasi, perawatan jalan, rawat inap dan kebutuhan farmasi.

 
Layanan tersebut sudah tersedia dan bisa Anda dapatkan, ketika sudah menjadi sebagai peserta BPJS Kesehatan di dalam fasilitas kesehatan yang tertera di dalam kartu anggota tersebut. Apabila bersifat darurat, maka Anda bisa melewati proses pelayanan medis dari beberapa fasilitas kesehatan langsung ke Rumah Sakit Umum Daerah terdekat dengan tempat tinggal.

2. Perawatan jalan

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, sebagai anggota BPJS Kesehatan Anda berhak mendapat beberapa fasilitas rawat jalan. Fasilitas ini secara umum sudah mengacu di dalam tindakan medis yang sifatnya pengobatan dan pencegahan.

Dengan memaksimalkan fasilitas ini, Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan juga bisa mendapatkan beberapa layanan pendukung, seperti konseling kesehatan, imunisasi dan pelayanan keluarga berencana secara cuma-cuma.

Sedangkan, untuk fasilitas rawat inap dari peserta BPJS Kesehatan adalah pelayanan skrining kesehatan. Layanan screening kesehatan dinilai sangat bermanfaat untuk beberapa kalangan masyarakat, karena Anda dapat melakukan konsultasi kesehatan guna mencegah adanya beberapa risiko yang berbahaya. Dari konsultasi kesehatan tersebut, mama pihak penyelenggara fasilitas kesehatan pun bisa memberikan anjuran untuk metode pencegahan sampai dengan pengobatan yang membutuhkan operasi tanpa harus membebankan biaya yang terlalu besar kepada Anda.

3. Fasilitas rawat inap

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan NIK

Selain fasilitas rawat jalan, Anda juga sudah berhak mendapatkan pelayanan rawat inap sebagai peserta BPJS Kesehatan. Layanan yang diberikan ini sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan, mulai dari administrasi sampai dengan tindakan medis.

Namun, untuk bisa mendapatkan fasilitas ini membutuhkan rekomendasi dari dokter terkait terlebih dahulu. Di luar itu, fasilitas rawat inap juga meliputi beberapa layanan khusus lainnya, seperti kebidanan.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan persalinan, maka berhak melakukan konsultasi hingga tindakan medis persalinan. Untuk bisa mendapatkan layanan ini, Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pada penyelenggara fasilitas kesehatan terkait lokasi persalinan.

4. Layanan medis rujukan


Sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka Anda juga berhak mendapatkan pelayanan medis rujukan. Layanan ini biasanya dilakukan, ketika pihak penyelenggara fasilitas kesehatan pilihan tidak mempunyai alat atau infrastruktur yang memadai untuk melakukan pelayanan dan tindakan medis yang sedang Anda butuhkan.

Di dalam hal ini, dokter dari fasilitas kesehatan pilihan Anda akan memberikan surat rujukan untuk melanjutkan pelayanan medis ke puskesmas maupun rumah sakit yang lebih kompetensi. Bahkan, di saat Anda menggunakan BPJS Kesehatan akan di bantu untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan yang menyeluruh.

5. Kepesertaan seumur hidup

Perihal masa berlaku, Anda sudah tidak perlu khawatir karena kepesertaan BPJS Kesehatan mempunyai sifat seumur hidup. Hal ini terjadi, karena sifat keanggotaannya adalah wajib. Maka, setiap warga negara Indonesia yang menjadi peserta BPJS Kesehatan menjadi tanggung jawab negara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara menyeluruh. Namun perlu Anda pahami, bahwa untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan tersebut Anda harus secara rutin membayar iuran kepesertaan di setiap bulannya.

6. Biaya terjangkau

Terkait masalah biaya kepesertaan setiap bulan dari layanan BPJS Kesehatan, Anda sudah tidak perlu khawatir untuk merogoh krocek yang jumlahnya terlalu besar. Pasalnya, untuk masalah biaya kepesertaan per bulan yang ditangguhkan kepada Anda cukup relatif terjangkau.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 201i. Sebagai berikut adalah besaran iuran peserta BPJS Kesehatan per bulannya:

  • Kelas I: Rp150.000,00 per bulan.
  • Kelas II: Rp100.000,00 per bulan.
  • Kelas III: Rp35.000,00 per bulan.

Baca Juga:

Premi Asuransi yang Dibayar Pemberi Kerja dalam BPJS

Nah, itulah dia beberapa cara cek tagihan BPJS kesehatan dengan NIK. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda, khususnya yang masih awam dengan BPJS Kesehatan.