Rincian Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet 2023

Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet

Rincian Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet 2023 – Para pemilik mobil, pastinya kerap mengalami goresan atau baret yang menjadi salah satu risiko. Baret atau lecet memang termasuk risiko yang sering dihadapi para pemilik mobil ketika berkendara di jalan raya. Supaya memaksimalkan permohonan ganti rugi kerusakan mobil baret, para pemilik harus mengetahui biaya klaim asuransi pada mobil dan tata cara klaim asuransi mobil yang benar.

Biaya klaim asuransi mobil lecet bervariasi sesuai perusahaan yang dipilih. Adapun untuk proses klaim mobil lecet sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Sayangnya kerap kali terjadi penolakan klaim asuransi mobil lecet lantaran nasabah kurang mengetahui terkait detail serta cara klaim asuransi yang benar. Bagi Anda yang belum tahu biaya klaim asuransi untuk mobil yang tergores dan caranya bisa disimak di bawah ini.

Berapa Biaya Klaim Asuransi Mobil?

Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet

Biaya klaim asuransi mobil lecet dan cara pengajuan sebaiknya diketahui oleh semua pemegang polis asuransi mobil. Dengan begitu, kerusakan yang terjadi bisa segera ditangani, baik untuk kerusakan ringan sampai berat sekalipun. Walaupun terlihat sepele, mobil yang kondisinya lecet juga bisa mengganggu penampilan kendaraan roda empat tersebut, apalagi jika lecetnya cukup dalam.

Pasalnya biaya klaim asuransi mobil dalam tergolong besar dengan penanganan yang cukup berat. Apabila Anda sudah terdaftar dalam salah satu produk asuransi mobil khususnya jenis all risk dan hendak mengajukan klaim atas resiko kerugian yang dialami, maka akan dikenakan biaya OR asuransi mobil saat semua berkas serta proses pengajuan klaimnya sudah selesai.

Sebagai informasi, biaya Own Risk atau deductible termasuk biaya klaim asuransi yang merupakan biaya resiko ditanggung sendiri dan harus dibayarkan oleh pemilik mobil ketika mengajukan klaim. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan para pemilik mobil bahwa asuransi yang dimiliki tidak sampai 100 persen menanggung biaya perbaikan kendaraannya.

Dengan begitu, pemilik mobil harus tetap berhati-hati ketika mengemudikan kendaraannya di jalan raya. Bukan itu saja, dikenakannya biaya klaim asuransi mobil lecet juga berguna untuk terhindar dari proses administrasi klaim dengan jumlah yang relatif kecil dan mungkin diajukan oleh nasabah. Proses klaim asuransi mobil atau lecet membutuhkan sejumlah syarat, salah satunya berkaitan dengan pembuktikan yang kemungkinan biayanya lebih besar dari klaim.

Rincian Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet

Lantas berapa biaya klaim asuransi mobil lecet? Perlu Anda ketahui, pada dasarnya biaya deductible cukup bervariasi dan tergantung dari premi asuransinya. Semakin besar premi asuransi mobil yang dibayarkan, otomatis semakin rendah biaya deductible yang harus dibayar oleh pemilik mobil, begitu juga sebaliknya.

Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet

Terdapat aturan terkait penetapan tarif premi seperti biaya klaim asuransi mobil yang telah tergores dan kerusakan lainnya yang tertuang dalam surat edaran OJK. Di dalam surat tersebut, terdapat penjelasan bahwa biaya own risk mempunyai beberapa ketentuan, seperti:

  • Perusahaan asuransi bisa memberlakukan ketentuan untuk biaya own risk minimal sebesar Rp 300.000 per peristiwa
  • Untuk kendaraan bermotor jenis roda dua, biaya deductible yang dikenakan minimal Rp 150.000 per peristiwa

Dengan begitu, apabila mobil Anda mengalami goresan ringan dan membutuhkan biaya perbaikan yang tak terlalu mahal, sebaiknya memperbaiki secara mandiri daripada mengajukan klaim asuransi yang nilainya lebih rendah dibandingkan biaya Own risk.

Ketentuan Besaran Biaya Klaim Asuransi untuk Mobil

Biaya Klaim Asuransi Mobil Lecet

Tak hanya mengetahui berapa biaya klaim asuransi mobil lecet, Anda juga perlu mengetahui bahwa ada sejumlah ketentuan yang harus diperhatikan oleh para pemegang asuransi mobil ketika akan membayar klaim tersebut, yaitu:

  • Biaya own risk hanya dibayarkan pada jenis klaim asuransi yang disebabkan kerusakan fisik
  • Biaya own risk harus dibayarkan pemegang asuransi setiap mengajukan klaim

Ketentuan tentang biaya klaim asuransi mobil dan kerusakan lainnya tersebut biasanya tercantum di dalam polis asuransi. Oleh sebab itu, para pemilik polis perlu membacanya secara teliti sebelum harus mengajukan klaim asuransi mobil. Secara garis besar, ada sejumlah hal yang berkaitan dengan ketentuan biaya klaim untuk asuransi mobil, antara lain:

1.      Pembayaran Biaya Deductible Asuransi Mobil

Dalam polis asuransi, biaya deductible atau own risk umumnya ditulis dengan tambahan kalimat yang berbunyi per anyone accident. Dengan tambahan keterangan tersebut, maka biaya deductible artinya dibayarkan per risiko atau kejadian.

2.      Metode Pembayaran Asuransi

Cara biaya klaim asuransi mobil lecet umumnya dilakukan dengan sistem pemotongan uang pertanggungan yang diberikan pihak asuransi.

3.      Besaran Biaya Deductible Asuransi Mobil

Sebagaimana yang sudah ditetapkan OJK, biaya OR asuransi mobil untuk mengklaim perbaikan yakni Rp 300 ribu per kejadian. Namun ini bukan berarti biaya own risk yang harus dibayarkan nasabah lebih besar dari angka tersebut. Semuanya tergantung dari besaran premi serta penyebab kejadian.

Baca Juga:

Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair? Inilah 5 Tata Cara Klaimnya

Demikian pembahasan tentang besaran biaya klaim asuransi mobil lecet yang perlu diperhatikan oleh para pemegang klaim. Dengan informasi tersebut, Anda bisa memperkirakan biaya klaim asuransi untuk mobil yang perlu dibayarkan.