Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair? Inilah 5 Tata Cara Klaimnya

Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair

Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair? Inilah 5 Tata Cara Klaimnya – Motor menjadi salah satu kendaraan dan termasuk aset guna yang mempunyai nilai manfaat tersendiri. Tak heran mengingat motor dipakai untuk semua kebutuhan dan sangat berguna bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi. Karena itu, tidak sedikit orang yang menggunakan asuransi motor untuk mengamankan kendaraannya. Jika Anda adalah salah satu pemegang polis tersebut, apakah tahu berapa lama asuransi motor hilang cair?

Asuransi motor hilang akan mengcover sekaligus memberikan proteksi kepada kendaraan. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir kerugian di masa mendatang yang dapat dialami oleh pemilik kendaraannya. Pada saat ini, telah banyak tersedia asuransi motor hilang yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan proteksi terhadap kendaraan. Apalagi, di kota-kota besar banyak sekali kasus curanmor alias pencurian motor yang membahayakan.

Tahukah Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair?

Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair

Sebelum mengetahui berapa lama asuransi motor hilang cair, ada baiknya Anda memahami tentang produk asuransi motor hilang tersebut. Sebagai informasi, asuransi motor hilang adalah proteksi atau asuransi yang melindungi kendaraan terutama motor dari bermacam risiko di masa mendatang. Adapun risiko yang ditanggung oleh produk asuransi satu ini yaitu ketika motor hilang karena pencurian ataupun sejenisnya.

Dalam produk asuransi motor hilang, jenis asuransi yang akan menanggung hilangnya kendaraan motor tersebut adalah Total Loss Only atau TLO. Produk satu ini memberikan jaminan atas kehilangan motor yang sudah hilang atau rusak sampai 75% ke atas. Apabila Anda mempunyai jaminan atas kendaran yang hilang, maka wajib mempunyai asuransi TLO. Selain itu, ketahui juga berapa lama asuransi motor hilang cair yang sudah dibeli tersebut.

Perlu Anda ketahui, berapa lama asuransi motor hilang cair rupanya tergantung dari perusahaan asuransi yang dipilih. Apabila semua persyaratan yang disepakati telah terpenuhi oleh pemegang polis, otomatis klaim asuransi motor yang hilang bisa dicairkan dalam waktu selambat-lambatnya satu bulan sesudah permohonan klaim diterima oleh perusahaan. Waktunya bisa lebih lama apabila pemohon belum melengkapi semua persyaratannya.

Tata Cara Mengklaim Produk Asuransi motor Hilang

Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair

Tak hanya mengetahui berapa lama asuransi motor hilang cair, ada baiknya Anda juga perlu memahami tentang tata cara klaim uang pertanggungan asuransinya. Untuk memudahkan sekaligus mempercepat klaim asuransi motor hilang, Anda bisa mengikuti tata caranya berikut ini.

1.      Membuat Laporan ke Perusahaan Asuransi

Cara untuk klaim asuransi motor hilang yang pertama yaitu dengan membuat laporan kehilangan resmi ke perusahaan asuransi. Laporan tersebut bisa dibuat baik secara lisan maupun tulisan lewat beberapa media seperti email, call center, ataupun agen resmi asuransinya. Laporan tersebut wajib dibuat secepatnya sehingga Anda pun juga bisa mengetahui berapa lama asuransi motor hilang cair.

2.      Mempersiapkan Berkas yang Diperlukan

Tak hanya melaporkan kehilangan tersebut secepatnya, Anda juga harus mempersiapkan berkas dan dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan mengklaim uang pertanggungan dari asuransi. Berkas atau dokumen tersebut meliputi KTP, SIM, surat keterangan hilang dari polisi, sampai kunci motor dan kunci cadangannya. Semua dokumen itu juga berpengaruh terhadap berapa lama asuransi motor hilang cair nanti.

3.      Membuat Berita Acara Resmi di Kepolisian

Dalam poin sebelumnya, disebutkan bahwa pemegang asuransi sekaligus pemilik kendaraan harus membawa surat keterangan hilang resmi dari kepolisian. Dokumen yang dimaksud dalam hal tersebut yaitu berita acara kehilangan kendaraan bermotor resmi dari Polsek tempat kejadian kehilangan kendaraannya. Jadi, dalam waktu 24 jam, Anda harus melaporkan kehilangan di Polsek tempat kehilangan terjadi.

4.      Membuat Surat Pemblokiran

Anda juga wajib mengurus surat keterangan Direktorat Reserse secara resmi di Polda. Surat tersebut berguna untuk melengkapi persyaratan klaim yang isinya lengkap dengan nomor polis asuransi Anda. Sejumlah dokumen yang wajib Anda sertakan dalam mengurus surat satu ini yaitu fotokopi BPKB, KTP, faktor pembelian kendaraan, polis asuransi, dan berita acara kehilangan. Surat tersebut juga mempengaruhi berapa lama asuransi motor hilang cair nanti.

5.      Mengajukan Surat Permohonan untuk Klaim Asuransi

Sesudah seluruh berkas dan dokumen yang diperlukan lengkap, harap segera mengajukan permohonan klaim kepada perusahaan asuransi yang Anda pilih. Berapa lama asuransi motor hilang cair pun tergantung dari semua proses tersebut. Apabila semua syaratnya terpenuhi, maka pencairan pun segera dilakukan. Dana yang diterima setidaknya 1 bulan setelah pengajuan berkas asuransinya.

Penyebab Penolakan Klaim Asuransi Motor Hilang

Berapa Lama Asuransi Motor Hilang Cair

Selain memahami proses dan berapa lama asuransi motor hilang cair, Anda juga perlu memperhatikan tentang kemungkinan klaim asuransi yang ditolak. Ada sejumlah penyebab klaim asuransi motor hilang ditolak, antara lain:

1.      Dokumen Klaim Asuransi Tidak Lengkap

Alasan utama ditolaknya klaim asuransi motor hilang yaitu dokumen klaim yang tak lengkap. Oleh sebab itu, harap pastikan semua dokumen yang diajukan ke perusahaan asuransi sudah lengkap dan memenuhi persyaratan. Dokumen ini juga berpengaruh kepada berapa lama asuransi motor hilang cair.

2.      Polis Asuransi Tidak Aktif

Penyebab lain sampai klaim asuransi motor hilang ditolak yaitu kondisi polisnya lapse atau tidak aktif. Umumnya kondisi polis tersebut disebabkan lantaran pembayaran premi yang tak lancar sehingga menyulitkan proses klaim.

3.      Klaim Sudah Melewati Batas Waktu

Tentu saja dalam mengklaim asuransi motor hilang ada batas waktunya. Batas waktu itu berbeda-beda tergantung perusahaan asuransinya. Hal ini juga serupa dengan berapa lama asuransi motor hilang cair. Oleh sebab itu, harap pastikan Anda mengajukan klaim secepat mungkin dan tak melewati batasan waktu yang ditentukan.

Itulah informasi tentang berapa lama asuransi motor hilang cair yang menarik untuk Anda ketahui sekarang juga. Segera klaim asuransi motor hilang Anda untuk memudahkan proses pencairannya.