Apa yang Dimaksud Dengan Produk Asuransi Jiwa? Inilah 4 Jenis dan Manfaatnya

Apa yang Dimaksud Dengan Produk Asuransi Jiwa

Apa yang Dimaksud Dengan Produk Asuransi Jiwa? Inilah 4 Jenis dan Manfaatnya – Banyak sekali hal yang tidak terduga dan bisa saja terjadi dalam hidup siapa saja termasuk Anda. Karena itulah, banyak orang yang mengamankan dirinya sendiri dengan memilih produk asuransi jiwa. Lantas apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa sebenarnya? Dan apa manfaatnya untuk nasabah atau pemegang polis? Mengingat saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk asuransi jiwa dengan kelebihannya tersendiri.

Risiko kehidupan yang kebanyakan orang khawatirkan mulai dari terserang penyakit, bisnis mengalami kebangkrutan, mengalami PHK, sampai meninggal dunia. Kendati demikian, Anda tetap dapat berusaha untuk mengantisipasinya dengan memanfaatkan semaksimal mungkin produk bernama asuransi. Untuk informasi tentang apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa, bisa Anda simak selengkapnya berikut ini.

Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Produk Asuransi Jiwa Sebenarnya?

Apa yang Dimaksud Dengan Produk Asuransi Jiwa

Banyak orang menganggap bahwa asuransi jiwa adalah hal yang dapat memberikan perlindungan finansial kepada keluarga dari pemegang polis atau nasabah yang sudah meninggal dunia. Apakah Anda sudah tahu lebih pasti apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa tersebut? Terlebih, banyak orang yang mengklaim mendapatkan berbagai manfaat dari produk asuransi jiwa satu ini.

Apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa? Asuransi jiwa adalah sebuah produk asuransi yang memberi jaminan berupa uang pertanggungan atau santunan kepada keluarga pihak nasabah yang mengalami kecelakaan, meninggal dunia, cacat permanen, ataupun risiko lain yang terjadi secara tidak disengaja. Lantaran perannya itu, produk asuransi tersebut perlu dimiliki.

Produk satu ini perlu dimiliki terutama untuk orang yang berperan selaku tulang punggung satu-satunya di dalam keluarga tersebut. Pada dasarnya, manfaat dari asuransi jiwa tak bisa dirasakan langsung oleh pemilik, melainkan untuk ahli warisnya. Oleh karena itu, demi mengantisipasi risiko pada produk keuangan tersebut, kehidupan keluarga pun tetap terjamin meskipun sudah ditinggalkan tulang punggung utama dalam keluarga.

Baca Juga: Berapa Lama Klaim Asuransi Cair Bagi Nasabah? Simak 5 Tipsnya

4 Jenis Asuransi Jiwa

Apa yang Dimaksud Dengan Produk Asuransi Jiwa

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa, penting untuk Anda memahami jenis-jenis dari asuransi jiwa tersebut. Terdapat sejumlah jenis asuransi jiwa yang biasanya diajukan masyarakat, yakni:

1.      Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa seumur hidup? Sesuai dengan namanya, jenis asuransi tersebut nantinya memberikan manfaat perlindungan sampai seumur hidup untuk nasabahnya. Hal itu tergantung dari ketentuan dan kebijakan penyedia layanannya, asuransi tersebut dapat menyediakan pertanggungan sampai pemegang polis berusia 90 hingga 100 tahun kelak.

Karena apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa seumur hidup merupakan pertanggungan dalam waktu lama, maka banyak sekali kelebihan dari produk tersebut. Salah satunya yaitu jaminan perlindungan hingga seumur hidup dengan manfaat nilai tunai. Berkat kelebihannya satu ini, asuransi jiwa seumur hidup ideal dipilih untuk nasabah yang tengah mempersiapkan keperluan hidup selama pension.

2.      Asuransi Jiwa Dwiguna

Lalu apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa dwiguna? Sebagai informasi, produk asuransi tersebut menawarkan perlindungan yang lengkap dengan tabungan. Produk satu ini nantinya membagi sebagian premi ke dalam rekening tabungan. Sedangkan sisanya dialokasikan ke dalam manfaat perlindungan asuransi. Ketika memilih jenis asuransi tersebut, Anda dapat merasakan keunggulannya

Salah satu keunggulan dari produk satu ini adalah kemudahan saat mencairkan dana asuransi sebelum masa asuransi atau durasinya berakhir. Bukan itu saja, jika nasabah masih hidup sampai akhir masa aktif asuransi, semua uang pertanggungan otomatis didapatkan lagi. Dengan kelebihannya itu, asuransi dwiguna cocok diajukan nasabah yang memiliki tujuan keuangan dalam jangka panjang serta bersifat primer.

3.      Asuransi Jiwa Berjangka

Apa yang Dimaksud Dengan Produk Asuransi Jiwa

Lantas apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa berjangka? Sekedar informasi, asuransi jiwa berjangka memberi manfaat perlindungan dalam waktu tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya. Misalnya saja, asuransi jiwa berjangka hanya memberikan manfaat perlindungan dalam jangka waktu 1,5,10,20 atau setidaknya 30 tahun. Dengan manfaat tersebut, produk satu ini ideal dipilih orang yang memerlukan proteksi jangka pendek.

Karena apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa berjangka memberikan manfaat dalam jangka waktu pendek, ada kelebihan yang bisa didapatkan oleh pemilik polis. Adapun kelebihan tersebut yaitu premi yang dibayarkan relatif terjangkau dan dapat disesuaikan berdasarkan kondisi keuangan. Kendati demikian UP atau uang pertanggungan yang ditawarkan tergolong tinggi sampai ratusan miliar.

4.      Asuransi Jiwa Unit Link

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa unit link? Sebagai informasi, asuransi jiwa unit link adalah produk asuransi yang menggabungkan berbagai manfaat perlindungan dari bermacam risiko serta manfaat investasi. Lantaran mengkombinasikan dua produk keuangan sekaligus. tak heran premi yang dibayarkan oleh pemegang premi pun dibagi dengan rasio tertentu.

Karena apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa unit link dan cara kerjanya seperti itu, maka asuransi jenis tersebut dapat diuangkan lagi ketika nasabah tidak pernah melakukan pengajuan untuk klaim perlindungan. Tak hanya itu, nasabah juga dapat mengalihkan sebagian dana investasi untuk melunasinya jika suatu saat tak mampu lagi membayarkan preminya.

Tentu saja, keuntungan dari aktivitas investasi yang dilakukan bisa didapat sepenuhnya oleh nasabah tanpa perlu repot mengelola modal. Tetapi kekurangan dari produk asuransi tersebut yaitu, manfaat investasi tidak dapat dirasakan secara optimal lantaran harus terpotong dari biaya asuransinya.

Itulah pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan produk asuransi jiwa dari berbagai jenis yang ada di Indonesia. Anda bisa memilih salah satu dari produk asuransi jiwa tersebut sehingga akan mendapat keuntungannya semaksimal mungkin.