4 Tips Klaim Asuransi Meninggal Dunia Pasti Cair

klaim asuransi meninggal dunia

4 Tips Klaim Asuransi Meninggal Dunia Pasti Cair – Asuransi meninggal dunia adalah salah satu produk asuransi yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, asuransi meninggal dunia sangat diperlukan karena manusia tak bisa menjamin waktunya hidup di dunia. Oleh sebab itu, orang-orang mulai memilih asuransi meninggal dunia agar menjadi jaminan ahli waris tertanggung. Karena itulah, sangat penting untuk mengetahui klaim asuransi meninggal dunia.

Pasalnya banyak orang beranggapan klaim asuransi meninggal dunia tergolong sulit bahkan hampir tak bisa dicairkan. Apalagi asuransi tersebut hanya bisa diklaim saat nasabah atau pemegang polis sudah meninggal dunia. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki produk asuransi meninggal dunia dan ingin tahu bagaimana cara klaimnya tak perlu khawatir. Berikut ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti.

Bagaimana Tips Klaim Asuransi Meninggal Dunia?

klaim asuransi meninggal dunia

Sebagai informasi, klaim asuransi meninggal dunia adalah pengajuan resmi kepada pihak perusahaan asuransi untuk meminta pembayaran nasabah sesuai ketentuan polis asuransi yang Anda ikuti. Nantinya klaim asuransi meninggal dunia yang diajukan akan ditinjau oleh pihak perusahaan asuransi itu untuk validitasnya. Kemudian perusahaan baru membayarkan kepada pihak tertanggung asuransi setelah disetujui.

Kalimat sederhananya, klaim asuransi meninggal dunia adalah pengajuan dari nasabah terhadap sebuah perusahaan asuransi untuk membayar haknya yang berupa manfaat dari perjanjian di dalam polis. Tetapi, nyatanya sampai sekarang masih banyak orang yang belum memahami tentang proses klaim serta semua persyaratannya. Hal itu yang membuat klaimnya ditolak oleh perusahaan.

Setiap perusahaan asuransi memiliki klaim berbeda dan disesuaikan tergantung proteksinya. Dalam produk asuransi jiwa, klaim asuransi meninggal dunia yang diberikan berbentuk santunan tunai. Hal itu berarti kalau terjadi risiko meninggal dunia maka nantinya diberikan santunan yang sesuai dengan perjanjian polis melalui transfer bank. Untuk memudahkan proses klaim, Anda perlu mengikuti tips-tipsnya di bawah ini.

1.      Mengisi Formulir dengan Jujur

klaim asuransi meninggal dunia

Agar proses klaim asuransi meninggal dunia bisa cepat cair dan mudah dilakukan, maka ketika mengisi formulir, isi dengan sejujur-jujurnya. Selain itu, Anda juga perlu mengisi formulir dengan sejelas-jelasnya. Sebab pihak asuransi nantinya melakukan pengecekan terhadap isi formulir tersebut. Pihak perusahaan asuransi tak akan membayar klaim apabila isi formulir tersebut terbukti berisi ketidakjujuran.

2.      Tidak Meninggal Akibat Bunuh Diri

Tips klaim asuransi meninggal dunia agar cepat cair adalah dengan memastikan bahwa tertanggung meninggal dunia karena bukan bunuh diri. Hampir semua perusahaan asuransi di Indonesia konsisten untuk menolak klaim asuransi yang berhubungan dengan bunuh diri. Selain bunuh diri, meninggal karena ulah sendiri langsung ditolak oleh banyak perusahaan asuransi.

Sebagai contoh, tertanggung asuransi meninggal dunia yang diakibatkan karena kecelakaan tetapi dengan ulah sendiri, seperti mengebut di jalan atau dengan sengaja melanggar aturan. Bisa juga karena tertanggung tidak memakai pengaman, dan masih banyak lagi.

3.      Memastikan Meninggal Bukan Melakukan Kejahatan

klaim asuransi meninggal dunia

Supaya klaim asuransi meninggal dunia bisa cepat cair, harap pastikan juga tertanggung tidak meninggal dunia karena melakukan kejahatan. Sebagai contoh, tertanggung meninggal lantaran ditembak polisi ketika merampok sebuah rumah. Kalau kondisinya seperti itu, otomatis klaim ahli waris langsung ditolak oleh perusahaan asuransi.

Selain itu, klaim asuransi meninggal dunia juga bisa ditolak perusahaan apabila ahli waris terbukti melakukan kejahatan seperti dengan sengaja membunuh tertanggung hingga meninggal dunia dan ia mendapatkan uang asuransinya.

4.      Pastikan Pembayaran Premi Lancar

Selain persyaratan yang tidak lengkap dan penyebab meninggal karena bunuh diri, klaim asuransi meninggal dunia bisa juga ditolak apabila pembayaran premi semasa hidup macet. Hal itulah yang kerap ditakutkan pihak perusahaan asuransi, kalau menemukan peserta asuransi mempunyai riwayat polis lapse.

Bahkan saat tertanggung tidak membayarkan premi alias macet, perusahaan asuransi berarti sudah tidak mempunyai kewajiban untuk membayarkan uang pertanggungan kalau terjadi sesuatu dengan pihak pemegang polis. Oleh sebab itu, pastikan polis asuransi jiwa Anda selalu dalam kondisi aktif.

Baca Juga:

Cara Menghitung Nilai Investasi Asuransi Prudential Setelah 10 Tahun dan 2 Tips  Mencairkannya

Itulah tips agar klaim asuransi meninggal dunia bisa cepat dan mudah dicairkan oleh ahli waris tertanggung. Dengan begitu, uang yang selama ini dibayarkan kepada pihak asuransi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh ahli waris.